Soal UKP Dinas Jaga Part 1
1.Pengaturan dan prosedur :
- Jelaskan pengaturan tugas jaga
- Jelaskan syarat- syarat penga turan tugas jaga
- Jelaskan bahwa semua anggota tugas jaga mesin harus
a. Pengaturan tugas jaga :
- Pelaksanaan tugas jaga diatas kapal baik bagian deck maupun bagian mesin , diatur Berdasarkan ketentuan
SCTW 1978 Amandemen 1995 bab VIII yang mengatur hal - hal yang diperlukan oleh awak kapal .selama melaksanakan tugasnya baik dipelabuhan maupun dilaut atau berlayar .
b. Syarat – syarat pengaturan tugas jaga :
-Syarat pengaturan tugas jagaYaitu : harus dipahami & diterapkan oleh setiap awak kapal dalam melaksanakan tugasnya selain kompetensi yang harus dimiliki sesuai tugas & Tanggung jawabnya diatas kapal ditentukan oleh awak kapal dalam hal :
- - Pengetahuan & ketrampi lan sesuai tanggung jawab nya
- - Kesiapan fisik dan mental
- - Pengetahuan dan keleng kapan dalam menjalankan tugas.
c. Semua anggota tugas jaga mesin harus mengenal tugas masing – masing yaitu ;
Untuk menerangkan prinsip Tsb: Setiap awak kapal bagian mesin harus :
2. Tugas jaga khusus :
Pelayaran pada jalur pelayaran ramai atau pelayaran dekat pantai / pelaya ran sempit atau pelayaran yang padat lalu lintas , didalam negari umpamanya di sungai Musi ,Diluar negeri umpa manya di sungai Rein ( Jerman) Jelaskan hal tersebut
Jawab.
Yaitu tugas jaga yang dilakukan oleh awak kapal khususnya yang dalam pelaksanaanya tidak mengacu kepada pembagian tugas dan jadwal yang ditetapkan tetapi mengacu kepada kegiatan yang sedang dilakukan.
3. Persiapan oleh gerak :
Jelaskan persiapan yang dilak sanakan berkaitan dengan mesin penggerak utama dan Pesawat Bantu pada saat akan olah gerak Begitu juga tindakan yang dila kukan setelah selesai olah gerak
Jawab.
Order 1 jam tiba ?tolak telah ditandatangani oleh pengawas jaga
4. Saudara sebagai masinis jaga tentunya anda telah mengetahui / menguasai bagaimana Pendingi nan air tawar / terselenggara dengan baik untuk motor pokok-nya sekarang Tugas saudara gambar sistim pendingin air tawar tersebut.
Jawab.
Gambar skema system pendinginan air tawar pada motor penggerak utama .
engine
5.Jelaskan prosedur serah terima tugas jaga ?
Jawab :
Setengah jam sebelum jaga selesai, Oiler memberitahukan masinis yg akan jaga dan oiler. 15(lma belas) menit sebelum tugas jaga berakhir masinis jaga berikutnaya sudah dikamar mesin untuk memeriksa: Tekanan bahan bakar, air pendingin, minyak lumas, pompa2 dan AE dan semua pesawat yg bekerja, setelah semua dalam keadaan aman dan baik, baru serah terima jaga dilakukan dan menanda tangani buku jurnal.
1. Jelaskan pengertian dan tujuan dinas jaga yg dilaksana kan diatas kapal ?
Jawab :
Semua orang yg ditunjuk untuk menjalankan tugas sebagai perwi ra yg melaksanakan suatu tugas/ sebagai bawahan yg ambil bagi an dalam suatu tugas jaga harus diberi waktu istirahatpaling sedikit 10 jam setiap periode 24 jam.
Jam istirahat ini hanya boleh di bagi paling banyak 2 priode istirahat yg salah satunya paling sedikit tidak kurang dari 6 jam. Dan perintah-perintah yg bersangkutan harus menetapkan agar jadwal-jadwal jaga ditempat
Kan pada tempat yg mudah dilihat.
2. Jelaskan personil yg bertugas jaga mesin harus memenuhi sarat sesuai STCW 1978 amandemen 1995 /
Jawab :
- Masinis I + oiler → jam jaga
Mesin 04 – 08 dan 16 – 20
- Masinis III + oiler → jam jaga
Mesin 08 – 12 dan 20 – 24
- Masinis II + oiler → jam jaga
Mesin 12 – 16 dan 00 – 04
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan yg memadai dan mengerti fungsi dan carakerjanya.
- Mengerti tugas dan tanggung jawab yg ditetapkan dan mengerti prinsip kerja yg aman
3. a). Pengaturan tugas jaga ?
Jawab :
Pelaksanaan tugas jaga diatas kapal baik bagian deck maupun bagian mesin. Diatur berdasar kan ketentuan SCTW 1978 amamdemem 1995 bab VIII yg mengatur hal2 yg diperlukan oleh awak kapal, selama melak sanakan tugas baik dipelabuhan maupun dilaut atau berlayar.
b)Jelaskan prosedur serah terima tugas jaga ?
Jawab :
Setengah jam sebelum jaga selesai, Oiler memberitahukan masinis yg akan jaga dan oiler.
15(lma belas) menit sebelum tugas jaga berakhir masinis jaga berikutnaya sudah dikamar me sin untuk memeriksa: Tekanan bahan bakar, air pendingin, minyak lumas, pompa2 dan AE dan semua pesawat yg bekerja, setelah semua dalam keadaan aman dan baik, baru serah terima jaga dilakukan dan menanda tangani buku jurnal.
c).Syarat-syarat pengganti tugas jaga :
Jawab:
4. jelaskan persiapan yang dilaksanakan berkaitan dengan mesin penggerak utama dan pesawat bantu pada saat akan olah gerak.
Jawab:
5. Jeleskan jaga mesin didalam kondisi jarak terbatas perairan dekat pantai/Perairan sempit atau perairan yg padat lalu lintasnya
Jawab :
Tugas jaga yg dilakukan oleh awak kapal khususnya yg dalam pelaksanaanya tidak mengacu kepada pembagian tugas dan jadwal yg ditetapkan tetapi mengacu kepada kegiatan yg sedang dilakukan.
Soal UKP Dinas Jaga Part 3
1. Dalam serah terima peralihan tuga jaga laut, apa saja yg harus saudara lakukan dan perhatikan. Jelaskan secara rinci alasan2nya.
Jawab :
Yang perlu diperhatikan / di laku kan adalah
2. Apa standar tugas jaga tentang kebugaran (fitness) untuk menjalankan tugas sebagai perwira yg melaksanakan suatu tugas jaga atau sebagai bawahan yg ambil bagian suatu tugas jaga.
Jawab :
Standar tugas jaga tentang kebugaran (fitness).
1. Untuk menjalankan tugas sebagai perwira yg melaksanakan tugas jaga, atau sebagai bawahan yg ambil bagian dalam tugas jaga harus diberi waktu istirahat 10 jam dalam setiap priode 24 jam.
2. Jam-jam istirahat hanya boleh dibagipaling banyak menjadi 2 periode istirahat yg salah satunya paling sedikit tidak kurang dari 6 jam.
3. Kapal akan berangkat / berlayar meninggalkan pelabuhan. Sebagai perwira tugas jaga mesin apa yg harus disiapkan (1 jam sebelum kapal berangkat atau One Hours Notice)
Jawab :
Persiapan satu jam sebelum berangkatan :
1. Turning Gear.
2. Star LO CylLiner Pump
3. Star LO camshaf Pump
4. Star Pompa air pendingin ME
5. Buka botol angin
6. Buka pilot star air
7. Blow up ME
8. Switch Auto Air Compressor
9. Koordinasi dng anjungan untuk tes Telegraf
10. Persiapan Tes ME & koor dinasi denagan anjungan untuk star ME maju-mundur dengan Idle Speed
11. Beritahukan ke anjungan bah waME Sudah Siap (Standby)
4. Selema pengoperasian permesinan secara manual di kamar mesin meliputi apa saja yang harus di catat di dalam laporan tugas jaga dan kapan dilakukan pencatatan
Jawab :
Yang harus di catat dalam lapo ran tugas jaga dan di catat pada saat bertugas jaga adalah :
5. Sesuai prosedur dan kemampuan serta tanggung jawab dalam keadaan darurat, pengamanan apa yg harus dilakukan terhadap permesinan guna mencegah meluasnya marabahaya.
Jawab :
Pengamanan yg harus dilakukan dalam keadaan darurat adalah :
1. Mematikan pengoperasian mesin induk, generator listrik, dan separator limbah, ketel uap dll.
2. Menutup katup tangki bbm atau bila memungkinkan pemindahan bbm dari tangki harian ke tangki double bottom
3. Menutup pintu kedap dan pintu kamar mesin
4. Membunyikan tanda bahaya (alarm)
1. Kapal saudara berada di Jepang Utara . Instalasi penggerak utamanya adalah turbin Pemetrada. Langkah – langkah apa yang harus saudara lakukan untuk menyiapkan Mesin penggerak utama tersebut saat hendak berolah gerak ?
Jelaskan !
Jawab.
Jawab
3. Dalam serah terima jaga laut selama pelayaran . Hal – hal apa saja yang harus saudara Lakukan berkaitan dengan pemcemaran laut dalam 2 ( dua) tugas dimaksud.
Jawab.
1). Setengah jam sebelum jaga selesai , oiler bangunkan masinis yang akan jaga dan oiler jaganya
2). 15 menit sebelum tugas jaga berakhir masinis jaga berikut sudah dikamar mesin unutk Segera memeriksa tangki bahan baker air tawar, pendinginan, minyak lumas, pompa –Pompa , motor Bantu , panel listrik, mesin kemudi, blok As , gir, semua dalam keadaan Aman dan baik . baru serah terima jaga dilakukan dengan menandata-ngani buku jurnal.
4.Waktu kapal tiba di Jepang , bahan bakar sudah minim kita harus bungker . Jelaskan Persiapan bungker !
Jawab.
5.Saudara sebagai masinis ditugaskan oleh perusahaan untuk ambil kapal di Jerman .
Tepatnya di pelabuhan Bremen . Nama kapal KM. Yogyakarta berbobot mati 12000 Ton data – data mesin BHP : 14400 hp, bahan bakar MFO, 9 cyl ,
M.A.N Cross heat.
Bagaimana saudara menentukan pemakaian bahan bakar perhari , sebelum kapal Berangkat ?
Jawab.
Diketahui :
BHP = 14.400
M╪ O = nilai pembakaran = 10.200 kkal/kg
Z = 9 µ total = 40%
Ditanya : B/hari ?
jawab.
µ total = 632 x 100 %
.bc x BHP x NP
40% = 632 x 100%
Bc x 10200
Bc = 160 gram
B/hari = 0,16 x 14.400 x 24 = 55,29 kg
SOAL DINAS JAGA
1. Jelaskan persyaratan minimal Sertifikat Jaga Mesin dan tanggung jawab Perwira Mesin Sebagai Wakil KKM.
Jawab.
2. Jelaskan prosedur serah terima Jaga Mesin dan Pengaturan Dinas Jaga .
Jawab.
a. Serah terima jaga mesin
Perwira tugas jaga mesin tdk boleh menyerahkan tugas jaga kepada perwira pengganti Jika ada alasan kuat bahwa perwira tsb tidak mampu bertugas jaga dengan effektif. Maka harus diberitahukan Chief Enginer
b. Pengaturan Dinas Jaga
- Dinas jaga laut
- Dinas Jaga Pelabuhan
- Dinas jaga Darurat.
3. Apa yang dimaksud dengan peraturan Dinas Jaga dan sebut-kan beberapa contoh bagian
Bagian dari Dinas Jaga mesin
Jawab.
Bagian – bagian dari dinas jaga mesin
- Jaga 04.00 – 08.000
( masinis I + oiler)
- Jaga 08. 00 – 12.00
( masinis III + oiler )
- Jaga 12.00 – 16.00
( Masinis II + Oiler )
Contoh : - Harus sehat jasmani
- Harus disiplin tepat
waktu
- harus mempunyai
sertifikat mesin.
4. Terangkan pengertian Dinas Jaga sesuai dengan STCW 1978 Amandemen 1995
Jawab.
- Semua orang yang ditunjuk untuk menjalankan tugas sebagai perwira yg melaksanakan Suatu tugas / sebagai bawahan yang ambil bagian dalam suatu tugas jaga harus diberi Waktu istirahat paling sedikit 10 jam setiap periode 24 jam.
- Jam istirahat ini hanya boleh dibagi paling banyak 2 periode istirhat yang salah satu nya Paling sedikit tdk kurang dari 6 jam.
- Perintah – perintah yang bersangkutan harus menetapkan agar jadwal – jadwal jaga di -Tempatkan pada tempat- tempat yasng mudah di lihat .
5. Kapal Saudara sedang sandar dipelabuhan Rotterdam, saat musim dingin . penggerak
Utamanya menggunakan mesin diesel MAN,langkah – langkah apa yang harus saudara Lakukan untuk menyiapkan mesin peng-gerak utama tersebut saat hendak berolah gerak meninggalkan pelabuhan . Jelaskan.
Jawab
Jawaban sama seperti no. 1.
Untuk menerangkan prinsip Tsb: Setiap awak kapal bagian mesin harus :
- Memiliki pengetahuan yang memadai tentang fungsi dan cara kerja per mesinan Diatas kapal dan bagian terkait masing- masing
- Mengerti tugas dan tang gung jawab yang ditetap kan padanya Mengerti prinsip kerjanya yang aman
- Memiliki pengetahuan dan Ketrampilan pencegahan pencemaran lingkungan laut.
2. Tugas jaga khusus :
Pelayaran pada jalur pelayaran ramai atau pelayaran dekat pantai / pelaya ran sempit atau pelayaran yang padat lalu lintas , didalam negari umpamanya di sungai Musi ,Diluar negeri umpa manya di sungai Rein ( Jerman) Jelaskan hal tersebut
Jawab.
Yaitu tugas jaga yang dilakukan oleh awak kapal khususnya yang dalam pelaksanaanya tidak mengacu kepada pembagian tugas dan jadwal yang ditetapkan tetapi mengacu kepada kegiatan yang sedang dilakukan.
3. Persiapan oleh gerak :
Jelaskan persiapan yang dilak sanakan berkaitan dengan mesin penggerak utama dan Pesawat Bantu pada saat akan olah gerak Begitu juga tindakan yang dila kukan setelah selesai olah gerak
Jawab.
Order 1 jam tiba ?tolak telah ditandatangani oleh pengawas jaga
- Periksa permukaan – permukaan minyak pelumas pada Oil level gauges
- Periksa Compresor udara , posisi Switch auto tekanan bejana ± 30 kg /cm ² dan dicepat. Hidupkan motor Bantu GE untuk persiapan olah gerak
- Persiapan mesin kemudi & koordinasi dengan anjungan untuk test kemudi
- Hidupkan pompa lo, fo gear box nya kiri/ kanan ( bila ada)
- Switch manover Harbour mode posisi on ( cpp)
- Hidupkan pompa Lo Hydrolik cpp kiri / kanan
- Koordinasi dengan anju-ngan untuk test telegraph dan merelas (Blow Up) nya
- Hidupkan pompa air tawar pendingin sebelum nya matikan pemanas awal
- Hidupkan pompa air lautnya
- Pindahkan komando dari EUR ke Anjungan
- Kegiatan olah gerak ha-rus dicatat dengan benar
- Hidupkan /Start nya kiri / kanan pada idle
- Beritahukan ke anjungan bahwa power bowthRas ter stby
- Olah gerak telah selesai / full away
- Pindahkan komando dari ajungan ke ECR
4. Saudara sebagai masinis jaga tentunya anda telah mengetahui / menguasai bagaimana Pendingi nan air tawar / terselenggara dengan baik untuk motor pokok-nya sekarang Tugas saudara gambar sistim pendingin air tawar tersebut.
Jawab.
Gambar skema system pendinginan air tawar pada motor penggerak utama .
engine
5.Jelaskan prosedur serah terima tugas jaga ?
Jawab :
Setengah jam sebelum jaga selesai, Oiler memberitahukan masinis yg akan jaga dan oiler. 15(lma belas) menit sebelum tugas jaga berakhir masinis jaga berikutnaya sudah dikamar mesin untuk memeriksa: Tekanan bahan bakar, air pendingin, minyak lumas, pompa2 dan AE dan semua pesawat yg bekerja, setelah semua dalam keadaan aman dan baik, baru serah terima jaga dilakukan dan menanda tangani buku jurnal.
Soal UKP Dinas Jaga Part 2
1. Jelaskan pengertian dan tujuan dinas jaga yg dilaksana kan diatas kapal ?
Jawab :
Semua orang yg ditunjuk untuk menjalankan tugas sebagai perwi ra yg melaksanakan suatu tugas/ sebagai bawahan yg ambil bagi an dalam suatu tugas jaga harus diberi waktu istirahatpaling sedikit 10 jam setiap periode 24 jam.
Jam istirahat ini hanya boleh di bagi paling banyak 2 priode istirahat yg salah satunya paling sedikit tidak kurang dari 6 jam. Dan perintah-perintah yg bersangkutan harus menetapkan agar jadwal-jadwal jaga ditempat
Kan pada tempat yg mudah dilihat.
2. Jelaskan personil yg bertugas jaga mesin harus memenuhi sarat sesuai STCW 1978 amandemen 1995 /
Jawab :
- Masinis I + oiler → jam jaga
Mesin 04 – 08 dan 16 – 20
- Masinis III + oiler → jam jaga
Mesin 08 – 12 dan 20 – 24
- Masinis II + oiler → jam jaga
Mesin 12 – 16 dan 00 – 04
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan yg memadai dan mengerti fungsi dan carakerjanya.
- Mengerti tugas dan tanggung jawab yg ditetapkan dan mengerti prinsip kerja yg aman
3. a). Pengaturan tugas jaga ?
Jawab :
Pelaksanaan tugas jaga diatas kapal baik bagian deck maupun bagian mesin. Diatur berdasar kan ketentuan SCTW 1978 amamdemem 1995 bab VIII yg mengatur hal2 yg diperlukan oleh awak kapal, selama melak sanakan tugas baik dipelabuhan maupun dilaut atau berlayar.
b)Jelaskan prosedur serah terima tugas jaga ?
Jawab :
Setengah jam sebelum jaga selesai, Oiler memberitahukan masinis yg akan jaga dan oiler.
15(lma belas) menit sebelum tugas jaga berakhir masinis jaga berikutnaya sudah dikamar me sin untuk memeriksa: Tekanan bahan bakar, air pendingin, minyak lumas, pompa2 dan AE dan semua pesawat yg bekerja, setelah semua dalam keadaan aman dan baik, baru serah terima jaga dilakukan dan menanda tangani buku jurnal.
c).Syarat-syarat pengganti tugas jaga :
- Harus sehat jasmani tidak dalam keadaan mabuk
- Harus mempunyai sertipikat mesin sesuai dng kebutuhan kapal.
- Harus disiplin tepat waktu.
Jawab:
- Ø Memiliki pengetahuan yangmemadai tentang fungsi dan cara kerja permesinan diatas kapal dan bagian yang terkai tmasing-masing.
- Ø Mengerti tugas dan tanggung jawab yang di tetapkan dan mengerti prinsip kerja yang aman.
- Ø Memiliki pengetahuan dan keterampilan pencegahan pencemaran lingkungan laut.
4. jelaskan persiapan yang dilaksanakan berkaitan dengan mesin penggerak utama dan pesawat bantu pada saat akan olah gerak.
Jawab:
- Order satu jam tiba/tolak telah ditandatangani oleh perwira jaga.
- Periksa permukaan2 minyak pelumas pada oil level gauges.
- Periksa compressor udara po sisi switch auto tekanan be jana ± 30kg/cm² dan dicerat.
- Persiapkan mesin kemudi dan koordinasi dng anjungan untuk tes kemudi.
- Jalankan pompa LO, FO, LO gear box kiri/kana bila ada
- Switch maneuvering har baur mode posisi ON (CPP).
- Jalankan pompa hidroulik CPP kiri/kanan.
- koordinasi dng anjungan untuk tes telegrafh dan blow up ME.
- Matikan pemanas awal dan jalankan pompa air tawar pendingin ME
- Hidupkan pompa air laut.
- Pindahkan komando dari ECR ke anjungan.
- Kegiatan olah gerak harus dicatat dng benar
- Star ME kiri/kanan pada IDLE speed.
- Beri tahu keanjungan bahwa power Bow-Thuster Stand bay.
- Olah gerak telah selesai/full away, Pindahkan komando dari anjungan ke ECR.
5. Jeleskan jaga mesin didalam kondisi jarak terbatas perairan dekat pantai/Perairan sempit atau perairan yg padat lalu lintasnya
Jawab :
Tugas jaga yg dilakukan oleh awak kapal khususnya yg dalam pelaksanaanya tidak mengacu kepada pembagian tugas dan jadwal yg ditetapkan tetapi mengacu kepada kegiatan yg sedang dilakukan.
Soal UKP Dinas Jaga Part 3
1. Dalam serah terima peralihan tuga jaga laut, apa saja yg harus saudara lakukan dan perhatikan. Jelaskan secara rinci alasan2nya.
Jawab :
Yang perlu diperhatikan / di laku kan adalah
- Permesinan yg sedang ber operasi.
- Permesinan / peralatan yg sedang diperbaiki atau tidak berfungsi.
- Perubahan jenis pengopera sian (otomatis menjadi ma nual atau sebaliknya).
- Kelainan yg teramati.
- Kondisi buangan Air got, limbah serta lainnya yg perlu di tangani.
- Pemindahan penggunaan ba han bakar, air tawar, dan ballast.
2. Apa standar tugas jaga tentang kebugaran (fitness) untuk menjalankan tugas sebagai perwira yg melaksanakan suatu tugas jaga atau sebagai bawahan yg ambil bagian suatu tugas jaga.
Jawab :
Standar tugas jaga tentang kebugaran (fitness).
1. Untuk menjalankan tugas sebagai perwira yg melaksanakan tugas jaga, atau sebagai bawahan yg ambil bagian dalam tugas jaga harus diberi waktu istirahat 10 jam dalam setiap priode 24 jam.
2. Jam-jam istirahat hanya boleh dibagipaling banyak menjadi 2 periode istirahat yg salah satunya paling sedikit tidak kurang dari 6 jam.
3. Kapal akan berangkat / berlayar meninggalkan pelabuhan. Sebagai perwira tugas jaga mesin apa yg harus disiapkan (1 jam sebelum kapal berangkat atau One Hours Notice)
Jawab :
Persiapan satu jam sebelum berangkatan :
1. Turning Gear.
2. Star LO CylLiner Pump
3. Star LO camshaf Pump
4. Star Pompa air pendingin ME
5. Buka botol angin
6. Buka pilot star air
7. Blow up ME
8. Switch Auto Air Compressor
9. Koordinasi dng anjungan untuk tes Telegraf
10. Persiapan Tes ME & koor dinasi denagan anjungan untuk star ME maju-mundur dengan Idle Speed
11. Beritahukan ke anjungan bah waME Sudah Siap (Standby)
4. Selema pengoperasian permesinan secara manual di kamar mesin meliputi apa saja yang harus di catat di dalam laporan tugas jaga dan kapan dilakukan pencatatan
Jawab :
Yang harus di catat dalam lapo ran tugas jaga dan di catat pada saat bertugas jaga adalah :
- Suhu : Minyak lumas, bbm, air pendingin, Ruang mesin, Ruang pendingin makanan.
- Tekanan : Minyak lumas, bbm, Air pendingin udara bilas, Udara pneumatic, Uda ra pejalan, Ketel uap.
- Putaran : Poros engkol, Propeller, Alternator
- Jumlah/Volume : Bbm, minyak lumas, air ketel, air tawar
- Hal2 yg perlu/di cantumkan dlm laporan tugas jaga missal : Perbaikan, Penggan tian suku cadang, dan pemindahan penggunaan per mesinan, Pembuangan air got, ballast dll
5. Sesuai prosedur dan kemampuan serta tanggung jawab dalam keadaan darurat, pengamanan apa yg harus dilakukan terhadap permesinan guna mencegah meluasnya marabahaya.
Jawab :
Pengamanan yg harus dilakukan dalam keadaan darurat adalah :
1. Mematikan pengoperasian mesin induk, generator listrik, dan separator limbah, ketel uap dll.
2. Menutup katup tangki bbm atau bila memungkinkan pemindahan bbm dari tangki harian ke tangki double bottom
3. Menutup pintu kedap dan pintu kamar mesin
4. Membunyikan tanda bahaya (alarm)
Soal UKP Dinas Jaga Part 4
1. Kapal saudara berada di Jepang Utara . Instalasi penggerak utamanya adalah turbin Pemetrada. Langkah – langkah apa yang harus saudara lakukan untuk menyiapkan Mesin penggerak utama tersebut saat hendak berolah gerak ?
Jelaskan !
Jawab.
- Bakar boiler untuk menaikkan tekanan ±30 kg / cm
- Panaskan turbin selama ±50 menit. cerat dalam keadaan terbuka
- Setelah pilot naik kapal maka kran cerat tertutup
- Start L.O pompa sirkulasi boiler , pompa pengisian boiler dan pompa kondensor
- Buka steam untuk mesin jangkar , mesin kapstan dan start GS pump untuk air jangkar, Start mesin kemudi
Jawab
- Memompa air got harus dengan menggunakan pompa OWS dengan kadar air 15 ppm
- Sampah tidak boleh dibuangke laut.
3. Dalam serah terima jaga laut selama pelayaran . Hal – hal apa saja yang harus saudara Lakukan berkaitan dengan pemcemaran laut dalam 2 ( dua) tugas dimaksud.
Jawab.
1). Setengah jam sebelum jaga selesai , oiler bangunkan masinis yang akan jaga dan oiler jaganya
2). 15 menit sebelum tugas jaga berakhir masinis jaga berikut sudah dikamar mesin unutk Segera memeriksa tangki bahan baker air tawar, pendinginan, minyak lumas, pompa –Pompa , motor Bantu , panel listrik, mesin kemudi, blok As , gir, semua dalam keadaan Aman dan baik . baru serah terima jaga dilakukan dengan menandata-ngani buku jurnal.
4.Waktu kapal tiba di Jepang , bahan bakar sudah minim kita harus bungker . Jelaskan Persiapan bungker !
Jawab.
- Check / Sounding bahan bakar yang ada didalam tangki fore peak dan double bottom
- Check kran bahan – baker pengisian yang menuju ke tangki yang akan di isi
- Tutup lubang – lubang pengisian yang menuju keluar yang ada di deck
- Komunikasi dua arah dikapal yang akan mensupply minyak
- Siapkan serbuk /pasir dan juga oil dispersant
- Hindari pencemaran .
5.Saudara sebagai masinis ditugaskan oleh perusahaan untuk ambil kapal di Jerman .
Tepatnya di pelabuhan Bremen . Nama kapal KM. Yogyakarta berbobot mati 12000 Ton data – data mesin BHP : 14400 hp, bahan bakar MFO, 9 cyl ,
M.A.N Cross heat.
Bagaimana saudara menentukan pemakaian bahan bakar perhari , sebelum kapal Berangkat ?
Jawab.
Diketahui :
BHP = 14.400
M╪ O = nilai pembakaran = 10.200 kkal/kg
Z = 9 µ total = 40%
Ditanya : B/hari ?
jawab.
µ total = 632 x 100 %
.bc x BHP x NP
40% = 632 x 100%
Bc x 10200
Bc = 160 gram
B/hari = 0,16 x 14.400 x 24 = 55,29 kg
SOAL DINAS JAGA
1. Jelaskan persyaratan minimal Sertifikat Jaga Mesin dan tanggung jawab Perwira Mesin Sebagai Wakil KKM.
Jawab.
- Setiap. KKM / masinis II disebuah kapal yang digerakkan mesin utama berkapasitas 3000 KW. Harus memiliki sertifikat yang sesuai .
- Setiap calon harus memiliki sertifikat , mempunyai persya-ratan memperoleh sertifikat sebagai seorang perwira yg bertanggung jawab atas tugas jaga masinis.
2. Jelaskan prosedur serah terima Jaga Mesin dan Pengaturan Dinas Jaga .
Jawab.
a. Serah terima jaga mesin
Perwira tugas jaga mesin tdk boleh menyerahkan tugas jaga kepada perwira pengganti Jika ada alasan kuat bahwa perwira tsb tidak mampu bertugas jaga dengan effektif. Maka harus diberitahukan Chief Enginer
b. Pengaturan Dinas Jaga
- Dinas jaga laut
- Dinas Jaga Pelabuhan
- Dinas jaga Darurat.
3. Apa yang dimaksud dengan peraturan Dinas Jaga dan sebut-kan beberapa contoh bagian
Bagian dari Dinas Jaga mesin
Jawab.
Bagian – bagian dari dinas jaga mesin
- Jaga 04.00 – 08.000
( masinis I + oiler)
- Jaga 08. 00 – 12.00
( masinis III + oiler )
- Jaga 12.00 – 16.00
( Masinis II + Oiler )
Contoh : - Harus sehat jasmani
- Harus disiplin tepat
waktu
- harus mempunyai
sertifikat mesin.
4. Terangkan pengertian Dinas Jaga sesuai dengan STCW 1978 Amandemen 1995
Jawab.
- Semua orang yang ditunjuk untuk menjalankan tugas sebagai perwira yg melaksanakan Suatu tugas / sebagai bawahan yang ambil bagian dalam suatu tugas jaga harus diberi Waktu istirahat paling sedikit 10 jam setiap periode 24 jam.
- Jam istirahat ini hanya boleh dibagi paling banyak 2 periode istirhat yang salah satu nya Paling sedikit tdk kurang dari 6 jam.
- Perintah – perintah yang bersangkutan harus menetapkan agar jadwal – jadwal jaga di -Tempatkan pada tempat- tempat yasng mudah di lihat .
5. Kapal Saudara sedang sandar dipelabuhan Rotterdam, saat musim dingin . penggerak
Utamanya menggunakan mesin diesel MAN,langkah – langkah apa yang harus saudara Lakukan untuk menyiapkan mesin peng-gerak utama tersebut saat hendak berolah gerak meninggalkan pelabuhan . Jelaskan.
Jawab
Jawaban sama seperti no. 1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar